BatamZona Headline

Dugaan Korupsi Anggaran Perjalanan Dinas DPRD Batam, Tersangka Marzuki Sebut Tutupi Warisan Utang di Setwan

84
×

Dugaan Korupsi Anggaran Perjalanan Dinas DPRD Batam, Tersangka Marzuki Sebut Tutupi Warisan Utang di Setwan

Share this article
Borgol. (Foto: Ilustrasi)

Gudangberita.co.id, Batam – Mantan Sekretaris DPRD (Sekwan) Batam, Marzuki ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi anggaran perjalanan dinas di DPRD Kota Batam periode Januari-Mei 2016.

Bendahara DPRD Batam saat itu mengajukan pencairan uang persediaan Setwan DPRD Batam sebesar Rp 5 miliar. Namun uang tersebut tidak diserahkan ke Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).

PS Kanit II Satreskrim Polresta Barelang, Iptu Agusnul Yakin, mengatakan Marzuki melakukan penarikan uang dari rekening Setwan DPRD Batam, uang tidak diserahkan ke PPTK, khususnya uang pembelian tiket pesawat dan sewa hotel yang dipesan dari PT Batam Lintas Tour and Travel dan PT Nirwana,” ujarnya.

Dari penyelidikan polisi uang tersebut ternyata diserahkan ke MZ selaku Sekretaris DPRD Batam periode 2016.

“Dari pemeriksaan saksi dan tersangka uang tersebut oleh MZ digunakan untuk keperluan pribadi serta membayar utang,” terang Agusnul, Kamis (27/6/2024).

Uang tersebut tidak diserahkan atas perintah MZ, selaku Setwan DPRD Batam Tahun 2016. Fakta yang didapat RS tidak membayarkan uang tiket pesawat dan sewa hotel dikarenakan digunakan untuk keperluan pribadi MZ yakni membayar potongan kredit di Bank sebesar Rp 5 juta perbulan, sisanya digunakan untuk keperluan pribadi MZ.

banner 325x300