Kesehatan

6 Efek Kebanyakan Makan Daging Bagi Tubuh

90
×

6 Efek Kebanyakan Makan Daging Bagi Tubuh

Share this article
Makanan daging rendang. (Foto: ilustrasi)

Gudangberita.co.id – Hari Raya Idul Adha sangat identik dengan berbagai macam hidangan daging. Bahkan bagi sebagian orang, momen ini menjadi ajang ‘pelampiasan’ untuk makan daging sebanyak-banyaknya.

Memang, daging merupakan salah satu sumber utama protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, daging, terutama daging merah, justru dapat memicu sejumlah gejala dan meningkatkan risiko penyakit tertentu.

Lantas, apa saja yang bisa terjadi pada tubuh usai kebanyakan makan daging? Dikutip dari berbagai sumber, berikut tanda-tanda yang dapat muncul setelah mengonsumsi daging secara berlebihan.

  1. Keringat Berlebihan

Tubuh mengeluarkan banyak keringat saat makan daging? Fenomena ini dikenal juga dengan istilah ‘meat sweats’ dan dapat terjadi saat atau setelah makan daging dalam jumlah besar.

Dikutip dari Business Insider, ‘meat sweats’ terjadi ketika tubuh berusaha mencerna makanan yang dikonsumsi. Saat makan, tubuh akan mengerahkan sejumlah energi untuk bisa memproses makanan tersebut. Kondisi ini disebut juga sebagai termogenesis dan dapat meningkatkan suhu tubuh.

Karena protein membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna, maka efek termogenesis yang dihasilkan akan lebih besar pula. Akibatnya, suhu tubuh meningkat sangat tinggi hingga memicu keluarnya keringat.

banner 325x300