Gudangberita.co.id, Batam – Animo calon penumpang membeli tiket elektronik masih minim. Padahal sistem e-Ticketing sudah diterapkan di Pelabuhan Punggur dan Pelabuhan Sekupang.
Terkait layanan publik ini, Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) mendorong penambahan Self Kios e-Ticketing di ke dua pelabuhan itu.
Pasalnya dari mulai diterapkan pada November 2023, hanya terdapat satu Self Kios e-Ticketing di dua pelabuhan tersebut.
Selain itu, berdasarkan data yang disampaikan oleh pihak vendor sistem e-ticketing yakni PT Mitra Kasih Perkasa (MKP) di Pelabuhan Punggur dan PT Easy Book Technology di Pelabuhan Sekupang, animo masyarkat membeli tiket melalui sistem e-ticketing masih kurang.
“Pada Kamis 22 Agustus 2024 pada rapat evaluasi penerapan sistem e-ticketing dan cashless di Pelabuhan Punggur, Sekupang dan Harbour Bay, berdasarkan data yang disampaikan oleh vendor,” terang Lagat, Selasa (27/8/2024).
Ia mengatakan hanya satu persen masyarakat yang menggunakan sistem tersebut, lainnya masih melakukan pembelian tiket di loket agen.
Ombudsman RI Perwakilan Kepri menurutnya memberikan waktu satu bulan kepada pihak vendor untuk menambah tiga Self Kios e-Ticketing sehingga terdapat empat di setiap pelabuhan.