KulinerStory Kepri

Sejarah Es Laksamana Mengamuk, Sajian Melayu saat Jokowi Undang 3 Capres ke Istana Negara

136
×

Sejarah Es Laksamana Mengamuk, Sajian Melayu saat Jokowi Undang 3 Capres ke Istana Negara

Share this article
Es Laksamana Mengamuk. (ist)

Gudangberita.co.id, Batam – Memang terdengar unik namanya, tapi minuman es laksamana mengamuk ini sudah jadi primadona di Riau dan Kepulauan Riau. Minuman ini terkenal dengan rasanya yang begitu melezatkan dan menyegarkan.

Selain rasanya yang nikmat, minuman ini menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan juga. Tak salah memang es laksamana mengamuk jadi seterkenal itu di daerahnya.

Sebelumnya Presiden RI Jokowi mengundang santap siang tiga calon presiden dari koalisi yang ada saat ini yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Presiden Jokowi makan siang bareng tiga capres di istana negara, Senin (30/10/2023). (Foto: Setkab)

Beberapa menu yang disajikan yaitu nasi putih, soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, dan bebek panggang. Selain itu tampak juga cumi goreng, udang goreng telur asin, kaylan cah sapi, hingga sajian minuman es laksamana mengamuk serta jus jeruk khas melayu. Nama terakhir memang menjadi perhatian karena unik.

Dari keunikan namanya, usut punya usut, ternyata kehadiran minuman itu berawal dari cerita rakyat melayu di Riau-Kepri.

Bagaimana ceritanya ya, bisa jadi minuman unik ini? Berikut ringkasannya.

  1. Cerita di balik es laksamana mengamuk

Awal mula cerita es laksamana berasal dari sebuah peristiwa keluarga. Pada zaman dahulu di sebuah perdesaan, ada seorang laksamana di tempat lahan perkebunan yang cukup luas di daerah tersebut. Tempat itu memiliki perkebunan buah kweni yang cukup lebat.

banner 325x300