EkonomiKeuangan

Pinjol Berujung Maut, AdaKami Buka Suara

178
×

Pinjol Berujung Maut, AdaKami Buka Suara

Share this article
Uang. (ilustrasi)
banner 468x60

Gudangberita.co.id, Batam – AdaKami buka suara soal kabar bunga tinggi yang menjerat nasabah. Menurut Direktur Utama Adakami, Bernardino Moningka Vega Jr. menjelaskan pihaknya menyamakan tenor dengan bunga yang dibebankan ke nasabah.

“Tergantung paket produk yang ditawarkan,” kata Dino, dalam konferensi pers, di Jakarta, Jumat (22/9/2023).

Advertisement
Example floating
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Setelah viral berita adanya nasabah yang bunuh diri, masyarakat juga mempermasalahkan biaya layanan pada Adakami. Disebut biaya layanan tersebut hampir 100% dari pinjaman pokok.

Baca Juga:  Ekonomi Kepri Melonjak! Pertumbuhan Tertinggi di Sumatera, Apa Rahasianya?

Salah satu laporan di aplikasi X ada yang meminjam Rp 3,7 juta dengan bunga Rp 187.460. Biaya layanan tercatat Rp 3,42 juta atau 92,43% dengan pinjaman pokok. Pinjaman itu memiliki tenor 9 bulan.

Kasus lainnya adalah korban meminjam uang senilai Rp 9,4 juta namun mengembalikan tagihan sebesar Rp 19 juta.

Dari situs resmi AdaKami, biaya layanan atau bunga pinjaman mengikuti ketentuan dari OJK dan AFPI. Besarannya adalah 0,4% dan keterlambatan hariannya maksimal 1,2% per hari dan tidak melebihi 100%.

Baca Juga:  Ekonomi Kepri Melonjak! Pertumbuhan Tertinggi di Sumatera, Apa Rahasianya?

Ditanya soal biaya layanan tersebut, Dino menjelaskan terdiri dari teknologi fee, asuransi, hingga collection fee. Komposisinya sendiri berubah-ubah, ungkapnya.

“Breakdown-nya macem-macem, setiap produk komposisinya berubah-ubah,” kata Dino.