InternasionalZona Headline

Palestina Tuduh Israel Lakukan Genosida terhadap Gaza

29
×

Palestina Tuduh Israel Lakukan Genosida terhadap Gaza

Share this article
Bola api meletus saat Israel membombardir Kota Gaza, Palestina, Senin (9/10/2023). Israel memberlakukan pengepungan total di Jalur Gaza dan memutus pasokan air karena terus mengebom sasaran-sasaran di daerah kantong Palestina yang padat penduduknya sebagai tanggapan atas serangan mendadak Hamas yang disamakan dengan serangan 9/11. (MOHAMMED ABED/AFP)

Gudangberita.co.id, New York – Utusan Palestina untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Riyad Mansour menuduh Israel telah melakukan genosida dengan terus membombardir Jalur Gaza dan menerapkan pengepungan total terhadap wilayah yang dikuasai kelompok Hamas tersebut. Mansour juga menuding Israel telah melakukan kejahatan perang.

Seperti dilaporkan Reuters dan dikutip Al Arabiya News, Rabu (11/10/2023), tuduhan-tuduhan itu disampaikan Mansour dalam suratnya kepada Dewan Keamanan PBB pada Selasa (10/10) waktu setempat. Militer Israel terus menggempur Jalur Gaza untuk membalas serangan mematikan Hamas pada akhir pekan.

Ratusan militan bersenjata dari Hamas mengamuk dan menyerbu kota-kota di Israel bagian selatan saat ribuan roket ditembakkan dari Jalur Gaza ke negara Yahudi itu. Sejauh ini dilaporkan lebih dari 1.000 orang tewas di Israel akibat serangan Hamas, dengan puluhan orang lainnya disandera dan dibawa ke Jalur Gaza.

Israel membalas dengan serangan udara besar-besaran ke Jalur Gaza, yang menghancurkan banyak distrik di kantong wilayah Palestina itu. Tel Aviv juga disebut sedang bersiap melancarkan serangan darat. Sedikitnya 900 orang dilaporkan tewas akibat gempuran Israel di Jalur Gaza.

banner 325x300