BatamZona Headline

Ombudsman Sebut Banyak yang Tak Masuk Kriteria dapat Bantuan Pangan di Batam

45
×

Ombudsman Sebut Banyak yang Tak Masuk Kriteria dapat Bantuan Pangan di Batam

Share this article
Anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika melakukan peninjauan di Kantor Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Selasa (25/6/2024). (Foto: dok. Ombudsman Kepri)

Gudangberita.co.id, Batam – Ombudsman RI menemukan adanya masalah pemutakhiran data penerima bantuan pangan pemerintah di Batam.

Anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika mengatakan pihaknya mengawasi penyaluran bantuan pangan selama ini untuk memastikan program tersebut tepat sasaran dan dapat membantu pengendalian inflasi di setiap daerah.

Yeka melakukan peninjauan di Kantor Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Selasa (25/6/2024).

Dalam tinjauan lapangan ini Ombudsman menemukan persoalan terkait data penerima bantuan pangan.

Berdasarkan informasi pihak kelurahan, masih ada sekitar 300 warganya yang memenuhi kriteria penerima bantuan pangan, namun belum masuk ke dalam data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Sebaliknya, ada sekitar 50 masyarakat yang seharusnya sudah tidak memenuhi kriteria penerima bantuan pangan, namun masih ada di dalam data.

Selain itu, hingga kini belum ada sistem untuk melakukan pemutakhiran data P3KE di lapangan, adapun data P3KE merupakan data yang diterbitkan oleh Kementerian Koodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Terkait permasalahan data penerima ini,Ombudsman memberikan saran kepada Pemerintah dalam hal ini Kemenko PMK dan pemangku kepentingan di daerah untuk memastikan adanya mekanisme dan sistem pemutakhiran data P3KE yang menjadi basis data penyaluran bantuan pangan.

banner 325x300