NatunaZona Headline

Wow, IPA Sebayar di Natuna Bakal Produksi Air Siap Minum dengan Anggaran Rp 250 M

208
×

Wow, IPA Sebayar di Natuna Bakal Produksi Air Siap Minum dengan Anggaran Rp 250 M

Share this article
Embung Sebayar di Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna. (Foto: Aulia Rahman)

Gudangberita.co.id, Natuna – Kabupaten Natuna bakal memproduksi air siap minum yang bersumber dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sebayar di Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur.

Seperti diketahui, Perumda Natuna selama ini hanya menyediakan suplai air bersih kepada pelanggan. Artinya jika IPA Sebayar beroperasi, warga bisa langsung mendapat air yang tentunya steril dan bisa langsung diminum

Direktur Perumda Tirta Nusa Natuna, Zaharuddin mengungkap jika perencanaan pengembangan Embung Sebayar sudah dipersiapkan. Sepenuhnya usulan menggunakan APBN.

“Kami bersama pak Bupati sudah berkoordinasi baik itu surat dan pertemuan dengan menteri PUPR dan direktur air minum, untuk pengembangan Embung Sebayar. Saat ini usulan sudah masuk di Bappenas sebagai usulan prioritas. Mudah mudahan tahun 2025 sudah direalisasi,” katanya, Kamis (13/6).

Sejauh ini sambungnya, pemerintah mengusulkan anggaran sebesar Rp 100 miliar untuk pembangunan IPA lengkap dan jaringan distribusi utama. Dibutuhkan biaya keseluruhan sekitar Rp 250 miliar untuk pengolahan air bersih dari Embung Sebayar menjadi air siap diminum.

Menurut Zaharuddin, pemerintah pusat mesti melengkapi sarana dan prasarana pendukung untuk Natuna yang sudah menjadi beranda perbatasan NKRI.

banner 325x300