Natuna

Peternak di Natuna Terpaksa Gigit Jari, Pemkab Batalkan Program Pengadaan Sapi

45
×

Peternak di Natuna Terpaksa Gigit Jari, Pemkab Batalkan Program Pengadaan Sapi

Share this article
Ternak sapi. (Foto: Ilustrasi)

Gudangberita.co.id, Natuna – Program pengadaan sapi untuk peternak di Natuna tampaknya batal terealisasi. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Natuna menilai program tersebut belum efektif.

Plt Kepala Dinas KPP Natuna, Wan Syazali menjelaskan pihaknya enggan merealisasikan program tersebut, mengingat jumlah sapi yang akan diberikan kepada masyarakat peternak terbatas.

Pengadaan sapi yang dianggarkan tahun 2024 ini sekitar Rp 1 miliar lebih bersumber APBD. Program tersebut untuk menambah populasi sapi kurban di Natuna.

“Saya menilai belum efektif, karena anggarannya terbatas. Kecuali diprogramkan untuk per Kecamatan Rp 1 miliar,” jelas Syazali, Selasa (9/7/2024).

Syazali mengatakan, dalam pengadaan sapi ini adalah mencari indukannya untuk mempercepat angka pupulasi ternak tersebut.

Sementara daerah yang sasaran pembeliannya adalah di NTT. Dengan anggaran yang dianggarkan sekarang, maka akan habis untuk transportasi.

“Kita tidak dibolehkan membeli indukan di Tanjungpinang. Harus membeli indukan dari wilayah NTT. Kami sudah tanya tanya di Anambas, harganya Rp 12 juta per indukan, harga segitu hanya dapat berapa ekor sapi, apalagi sapi di Anambas juga berasal dari Natuna,” ujarnya.

banner 325x300