PendidikanTekno

Ilmuwan Temukan Tengkorak Kuno Tak Seperti Manusia Umumnya, Alien?

21
×

Ilmuwan Temukan Tengkorak Kuno Tak Seperti Manusia Umumnya, Alien?

Share this article
Tengkorak manusia purba Foto: Journal of Human Evolution

Gudangberita.co.id, Batam – Sekelompok ilmuwan menemukan tengkorak kuno di China. Anehnya bentuknya tidak seperti tengkorak manusia yang pernah dilihat sebelumnya, milik alien?

Dikutip dari ScienceAlert, tengkorak tersebut memiliki bagian atas yang lebih memanjang, dan sepertinya tidak menyerupai tengkorak manusia purba lainnya yang telah kami temukan di masa lalu, termasuk Neanderthal.

Tulang-tulang baru ini saat ini diberi label sebagai HLD 6 dan ditemukan di Hualongdong, Asia Timur, pada 2019. Sejak itu, para ilmuwan telah bekerja untuk mencoba menghubungkan tengkorak dan tulang manusia purba ke salah satu garis keturunan manusia purba yang sudah diketahui, namun tak jua berhasil.

Struktur wajahnya mirip dengan garis keturunan manusia modern, yang diyakini terpisah dari Homo erectus hingga 750.000 tahun yang lalu. Namun kesamaannya berakhir sampai di sana saja.

Tengkorak yang tidak memiliki dagu tampak lebih mirip dengan Denisovan, spesies hominin purba yang punah di Asia yang terpisah dari Neanderthal lebih dari 400.000 tahun yang lalu.

Tengkorak manusia purba Foto: Journal of Human Evolution

Bekerja sama dengan para peneliti dari Universitas Xi’an Jiaotong China, Universitas York Inggris, dan Pusat Penelitian Nasional Spanyol untuk Evolusi Manusia, para peneliti di Chinese Academy of Sciences (CAS) berpikir bahwa mereka telah menemukan garis keturunan yang sama sekali baru – persilangan antara manusia modern dan hominin kuno lainnya di wilayah tersebut, seperti Denisovans.

banner 325x300